20 Sep 2015

Sharing DISC with KTII

Senangnya hari Sabtu kemarin saya berkesempatan mengikuti sharing DISC. Sharing kali ini diselenggarakan oleh KTII (komunitas Training Independen Indonesia), yang mana sebelumnya juga menggelar Sharing Assessment center.

Sharing DISC ini diikuti hampir 40 orang dari berbagai kalangan, HR, konsultan, psikologi, dll. Jadi ajang silatuharim juga sih, berkumpul dengan orang-orang baru.

Sebagai lulusan psikologi, rasanya penting bagi saya untung mengupgrade pemahaman dan keilmuan ke-psikologian. DiSC sendiri tidak diajarkan di bangku kuliah, namun alhamdulillah dulu saya pernah mencoba test tersebut baik yang paper-pencil ataupun yang komputer. Hasilnya? Coba tebaaak... ^_^

Untuk info lebih lengkap tentang DISC, next post insya Allah dibahas ya...

Sharing kali ini diadakan di FaveHotel Glodok. For info, saya kesana naik Gojek lho. Ciputat-glodok ternyata 24,5 km, so masih bisa dijangkau Gojek dengan harga 15rb aja. Hihii... Saya sampai sana sekitar pukul 09.30, so saya datang telat 30 menitan dari acara. Tapi saya masih bisa ngikutin penjelasan dari Pak Felix sebagai narsum pertama.

Sesi pertama ini membahas sejarah perkembangan DISC secara singkat. Lalu dilanjutkan dengan Disc versi 24 dan versi 28. Dan yang paling saya tangkep dari beliau itu adalah DiSC jangan dijadikan label, "kan saya orang C, wajar dong kalau begini..." tapi yang harus jadi mindset adalah 3A (aware, accept, adapt).

Sadar dengan tipe saya juga sadar dengan tipe lawan bicara kita.
Terima dengan tipe saya juga dengan lawan bicara kita, terlebih kalau berbeda.
Beradaptasilah dengan tipenya lawan bicara kita.

Kurang lebih begitulah...  ^_^

Sesi kedua dilanjutkan oleh Pak Edi Pambudi, yang sharing tentang komposisi Disc dalam tim serta DISC versi laporan wheel.

Sesi ketiga dilanjutkan dengan sharing-sharing masalah yang banyak dihadapi oleh para praktisi.

Acaranya sih seru banget. Tapi berhubung kondisi badan yang tetiba agak gimana gitu, saya jadinya kurang maksimal dalam nangkep materinya. Ngantuk sih krn efek obat. Tapi sebenernya itu jangan jadi penghalang sih. Soalnya yang lain terlihat antusias ikut acara tersebut. Banyak juga yang bertanya dan share pengalaman juga.

Btw, sharing kemarin hanya 150rb aja lho, dapet ilmu, dapet slide materi plus dapet makan. Lumayan bangeet kan? Hihii...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar